oleh

Mudik Dilarang, Polda Metro Jaga Jalur Perbatasan

TEMPOTERKINI.COM – Jakarta – Pemerintah telah menetapkan larangan mudik Lebaran mulai tanggal 6-17 Mei 2021. Ditlantas Polda Metro Jaya telah menyiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi warga yang tetap nekat untuk mudik pada tanggal tersebut.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan selain melakukan penyekatan di 8 titik, polisi juga akan mengawasi jalur tikus.

“Jalur-jalur tikus sudah dipetakan dan dibuatkan juga penyekatan,” kata Sambodo saat dihubungi, Jumat (9/4/2021).

Polisi juga akan mengawasi kendaraan barang yang mungkin digunakan untuk ‘menyelundupkan’ pemudik dari Jakarta.

“Pemeriksaan setiap kendaraan yang lewat, termasuk bak truk, ambulans,” imbuhnya.

Ditlantas Polda Metro Jaya menyiapkan ratusan personel untuk menjaga di 8 titik penyekatan. Jumlah personel bisa bertambah seiring kemungkinan penambahan titik penyekatan.

“Personel nanti ada 380 setiap hari. Tapi kalau nantinya titik (penyekatan) bertambah pasti kita akan tambah lagi,” ujar Sambodo.

 

Berikut 8 titik penyekatan yang bakal diterapkan oleh jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya di larangan mudik Lebaran 2021:

Jalan Tol ada 2 lokasi:
Tol Arah Cikampek
Tol Arah Merak

Jalan Arteri Non Tol ada 3 lokasi:

Harapan Indah Bekasi Kota
Jati Uwung Tangerang Kota
Kedung Waringin Bekasi Kabupaten

Terminal Bus ada 3 lokasi:

Pulogebang
Kampung Rambutan
Kalideres

Larangan mudik Lebaran 2021 berlaku pada 6-17 Mei 2021. Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan ada lebih dari 300 check point yang akan dibangun untuk menyekat warga yang ingin pergi mudik.

“Dalam pelaksanaannya, kami bersama Korlantas Polri, bersama TNI, Pol PP, dan Dinas Perhubungan kabupaten/kota, dari tanggal 6 (Mei), kami sudah akan memasuki pos check point yang dibangun Polri. Kalau tidak salah, ada 333 pos check point yang akan didirikan kepolisian,” ujar Budi di akun YouTube BNPB, Kamis (8/4).

 

SUMBER : detik.com

Loading...

Baca Juga